oleh

Lampung: Bupati Dewi Handajani Hadiri Penutupan PORKAB Tanggamus

jejakkasus.co.id, TANGGAMUS – Bupati Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M., menhadiri acara penutupan  Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Tanggamus bertempat di Gedung Olahraga Mini RATU Tanggamus, Pekon Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Jumat (10/06/2022) sore.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M., Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, S.Sos., Dandim 0424/Tanggamus Letkol Arm Micha Arruan S.E., M.M., Wakapolres Tanggamus Kompol Alidori, Kepala Pengadilan Agama Drs. H. Asrori, S.H., M.H., Kepala Pengadilan Negeri Ari Qurniawan, para Asisten, para Kepala Dinas/Kaban, para Ketua Kecabangan Olahraga, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan para Atlet Olahraga serta tamu undangan.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Restika menyampaikan, seperti yang telah kita ikuti bersama, bahwa Pekan Olahraga Kabupaten Tanggamus Tahun 2022 yang dibuka pada tanggal 2 Juni 2022 oleh Ibu Bupati Tanggamus, pada hari ini telah menyelesaikan seluruh rangkaian perlombaan dan pertandingan.

Perlombaan dimulai oleh Cabang Olahraga Balap Sepeda pada tanggal 02 Juni 2022 dan berakhir pada sore hari ini dengan mempertandingkan Cabang Olahraga Pencak Silat.

Pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten Tanggamus Tahun 2022 dimulai pada hari Kamis, tanggal 2 Juni s.d hari ini, Jumat, 10 Juni 2022 tersebar di 6 Kecamatan, yaitu Kecamatan Kota Agung, Gisting, Talang Padang, Sumberejo, Pulau Panggung dan Kota Agung Barat.

Semula akan diikuti oleh 17 Cabang Olahraga, dari total 29 Cabang Olahraga yang tercatat dan aktif di KONI Kabupaten Tanggamus.

Namun, 1 Cabor ditunda pelaksanaan PORKAB-nya. Sedangan untuk 12 Cabor lainnya, ada beberapa Cabor yang telah selesai melaksanakan seleksi, dan ada sebagian lainnya akan melaksanakan seleksi tersendiri di masing-masing Cabornya.

Keseluruhannya, akan difasilitasi oleh KONI Kabupaten Tanggamus sebagai ajang persiapan dan pembinaan Atlet menuju Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) IX Lampung di Bandar Lampung.

“Terkait hal ini, demi mewujudkan Tanggamus Emas pada gelaran PORPROV mendatang, kami mohon kepada Bapak/Ibu Kepala Perangkat Daerah agar kiranya dapat men-support dan mendukung penuh keikutsertaan Kontingen Kabupaten Tanggamus pada ajang PORPROV IX Tahun 2022. Dukungan dan support dalam bentuk apapun sangat kami harapkan demi capaian prestasi Atet-Atlet,” ujarnya.

Kabupaten Tanggamus yang akan membawa nama Kabupaten Tanggamus pada ajang PORPROV IX Lampung.

“Harapannya Kontingen kita dapat berjaya dan membawa nama harum Kabupaten Tanggamus di tingkat Provinsi Lampung,” ucapnya.

Hasil dan  Capaian

Selama 9 (sembilan) hari perhelatan PORKAB Tanggamus, secara umum berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

Terbukti, dengan antusiasme para Penonton dan Suporter memadati setiap Venue perlombaan.

“GOR RATU sebagai sentral pertandingan bagi 8 Cabor, setiap harinya tidak kurang dari 150-200 Penonton selalu hadir, walau tanpa promosi dan pemberitahuan secara massif, namun kehadiran Penonton mampu memacu semangat dan mental Atlet untuk bertanding,” katanya.

Rincian Jumlah Atlet, Offisial dan Panitia, yakni Atlet: 1.211 orang, Pelatih: 120 orang, Wasit/Juri: 79 orang, Panitia Cabor/Offisial: 175 orang, Tim Pendukung: 40 orang (Tim Kes, Pengamanan Basarnas, dll.), Panitia Besar KONI: 42 orang, Total: 1.667 orang

Jumlah Nomor/Kelas Pertandingan sebanyak 97 Nomor, total medali yang disediakan bagi pemenang, yaitu 103 Medali Emas, 103 Medali Perak dan 201 Medali Perunggu. Atlet peraih Medali Emas terbanyak diraih oleh Lucy LP dengan meraih 3 Emas pada Cabor Renang.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menyampaikan amanatnya.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada para Panitia Pelaksana PORKAB, baik dari KONI ataupun Panitia dari Cabang Olahraga yang telah melaksanakan gelaran Pekan Olahraga Kabupaten ini yang begitu meriah dan sukses, semoga bermanfaat dan sesuai tujuan PORKAB yaitu mencetak atlet Kabupaten Tanggamus yang siap untuk kita latih secara lebih intensif melalui Pelatda atau TC, mewakili Kabupaten Tanggamus pada ajang Pekan Olahraga Provinsi Lampung ke-9 pada akhir tahun nanti. Sehingga dapat meraih prestasi terbaik, meraih medali sebanyakbanyaknya, demi harumnya nama Kabupaten Tanggamus di Provinsi Lampung,” tutur Bupati.

“Selamat bagi para Atlet yang berhasil menjadi Juara, terus pertahankan dan berlatih dengan keras, PORPROV tidak lama lagi. Harapannya, kalau teknik dan mental bertanding terus diasah, maka Medali Emas PORPROV yang menjadi tujuan dan harapan kita semua akan dapat kalian raih. Ayo terus semangat,” ujar Bupati.

“Bagi yang belum berhasil meraih juara pada gelaran PORKAB ini, jangan kecewa. Terus semangat berlatih, mengasah kemampuan, bukan tidak mungkin kalian juga akan dikirim menjadi Atlet Tanggamus pada ajang PORPROV,” kata Bupati.

“Masih ada waktu beberapa bulan untuk berbenah dan memacu diri dengan berlatih dengan keras, nanti akan dibina lebih lanjut oleh Pelatih dan Offisial dari Cabor masing-masing dan dipantau oleh KONI,” jelas Bupati.

“Kita usahakan, akan ada Pemusatan Latihan atau Training Center (TC) untuk para Atlet Calon Kontingen Tanggamus, dimana isinya nanti, adalah dari hasil PORKAB ini dan ajang try-out yang diikuti oleh beberapa Cabor nantinya. Selain itu, masih ada kesempatan bagi Atlet lainnya untuk menjadi bagian dari kontingen Tanggamus, yang penting dapat menunjukkan semangat tinggi, progress latihan yang baik dan ada peningkatan kemampuan, semuanya nanti dinilai dan diukur oleh Tim Binpres dari Cabor dan Binpres dari KONI,” kata Bupati.

“PORKAB sebagai ajang seleksi para Atlet Cabang Olahraga ini, tentunya juga berpengaruh pada keberhasilan para Atlet kita nantinya, dan ini merupakan tanda bukti keseriusan kita dalam persiapan menangani peningkatan para Atlet diseluruh Cabang Olahraga,” ungkap Bupati

“Seleksi ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk melahirkan Atlet tangguh dan handal dalam meraih prestasi gemilang di Kejuaraan Tingkat Provinsi, seperti PORPROV atau Kejurda, Tingkat Nasional, seperti Kejurnas atau PON. Syukur-syukur ada Atlet Tanggamus yang dipilih untuk menjadi Atlet Nasional dan berlaga di ajang Sea Games, Asian Games, atau Olimpiade. Tentu hal ini, selain membanggakan buat pribadi Atlet dan keluarganya, juga membanggakan bagi daerah Kabupaten Tanggamus,” ujar Bupati.

“Setelah ini, ke depan kita akan mencoba meningkatkan kualitas sumber daya para Pelatih dan Offisial dari Cabang Olahraga, agar mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalitas keilmuannya, sehingga Atlet-nya dapat berprestasi secara maksimal,” harap Bupati.

“Karena tidak dapat dipungkiri kemampuan dan kompetensi Pelatih berbanding lurus dengan kualitas dan kemampuan Atletnya sendiri. Semakin meningkat kualitas dan kemampuan, maka prestasi akan semakin meningkat,” jelas Bupati.

“Untuk itu, nanti kepada Jajaran Pengurus KONI dan Cabor agar kita duduk bersama, membahas terkait peningkatan kompetensi, kualitas dan kemampuan para Pelatih Olahraga yang ada di Kabupaten Tanggamus,” tegas Bupati.

“Apabila perlu, kita belajar dari Pelatih-Pelatih hebat Tingkat Nasional ataupun Tingkat Dunia. Nanti kita ajak untuk menularkan ilmu dan pengalamannya kepada para Pelatih-Pelatih kita. Asal kita kompak, kita bersatu, bersama-sama membangun prestasi Olahraga Kabupaten Tanggamus, maka Bunda yakin, prestasi Olahraga Kabupaten Tanggamus akan semakin hebat, Olahraga Tanggamus pasti semakin Jaya,” terang Bupati.

“Seperti tadi sudah diuraikan oleh Ketua Panitia Pelaksana, bahwa gelaran PORKAB kita ini menuai kesuksesan yang luar biasa. Baru pertama kita coba menggelar kegiatan pascapelantikan Pengurus KONI. Ajang pertandingan yang diadakan tidak tanggung tanggung langsung menggelar Kejuaraan Multi Event, seperti PORKAB yang mempertandingkan 16 Cabang Olahraga secara langsung dan bersamaan waktunya dalam seminggu ini dengan hasil cukup membanggakan, dimana jumlah Atlet yang mengikuti PORKAB lebih dari 1.200 Atlet, di 11 Venue/Arena pertandingan tersebar di 6 Kecamatan, yaitu di Kecamatan Kota Agung, Gisting, Talang Padang, Sumberejo, Pulau Panggung dan Kota Agung Barat,” kata Bupati.

“Penonton pun, walau Panitia tidak massif mempromosikan, namun kehadirannya cukup ramai, membuat Atlet termotivasi dan semangat. Dari catatan Panitia di GOR RATU ini saja, setiap hari jumlah Penonton rata-rata sampai 200 orang,” jelas Bupati.

“Ke depan, apabila PORKAB ini kita garap dengan lebih serius melibatkan seluruh Kecamatan yang ada. Jadi, para Camat harus men-support dan mendukung para Atlet dari wilayahnya, maka gaung dan kemeriahan PORKAB kita ini akan semakin hebat. Namanya ajang Pekan Olahraga Kabupaten, maka para Atlet yang bertanding nantinya membawa nama wilayah Kecamatannya masing-masing,” kata Bupati.

“Kita nanti berlomba meraih sebanyak-banyak Medali untuk nama Kecamatan, sehingga nanti akan terlihat Kecamatan mana yang menjadi Juara Umum, dan ada peringkat atas raihan prestasi Atletnya bagi Kecamatan yang ada se-Kabupaten Tanggamus,” harap Bupati.

“Insya Allah, Dunia Olahraga Tanggamus akan semakin menggeliat. Mari kita bangun Olahraga Tanggamus, Olahraga Maju, Tanggamus Jaya,” ujar Bupati.

“Gelaran PORKAB kita kali ini diuntungkan oleh telah terbangunnya GOR RATU, sehingga kita ada sarana Gedung yang memadai untuk menampung dan menggelar berbagai macam jenis Olahraga, mulai dari Cabang Beladiri, seperti Silat, Karate, Tinju, Kick Boxing, Muay Thai, Cabor Menari atau Dansa dan Bridge juga ada disini, Cabor Sepeda juga bisa melakukan start dan finish di GOR RATU. Dan Cabor-Cabor lain, seperti Futsal, Catur, Tenis Meja, Bulu Tangkis, dan lain-lain, sebenarnya bisa dilaksanakan di GOR RATU ini, hanya tinggal penentuan jadwal perlombaan yang harus diatur dengan baik dan seksama, sehingga manfaat dari Gedung Olahraga ini dapat maksimal bagi kebutuhan Olahraga,” kata Bupati.

“Gedung Olahraga ini, begitu diresmikan langsung digunakan, membawa manfaat luar biasa. Artinya, Gedung ini memang sudah menjadi dambaan sejak lama dari para Insan Olahraga dan Pecinta Olahraga di Kabupaten Tanggamus. Diharapkan, dapat berkontribusi secara nyata dalam pengembangan dan peningkatan prestasi para Atlet Kabupaten Tanggamus menuju raihan prestasi tertinggi di Tingkat Provinsi, Nasional, maupun Internasional,” harap Bupati. (HTM/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed