jejakkasus.co.id, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah menggelar kegiatan Pembinaan Public Speaking yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Ir. Yulius, M.Si., di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Rabu (12/06/2025).
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, mulai 12 hingga 13 Juni 2025 ini, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam membangun komunikasi yang efektif dengan masyarakat. Dalam sambutannya, Sekda menegaskan bahwa kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki ASN sebagai pelayan publik.
“Melalui pelatihan ini, saya berharap ASN dapat meningkatkan kepercayaan diri serta kemampuan berkomunikasi secara efektif dan profesional,” ujar Ir. Yulius di hadapan para peserta.
Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari ASN lingkup Pemkab Muara Enim, perwakilan Forkopimda, serta instansi vertikal lainnya. Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga mengimbau para peserta untuk memanfaatkan momentum ini sebaik mungkin sebagai upaya pengembangan diri guna menunjang tugas dan fungsi pelayanan kepada masyarakat.
Lebih lanjut, Sekda menyampaikan harapannya kepada para narasumber, yakni DR (c). A.G. Purwanto Edi, M.M., CMT., CCRM., CCXA (UK) dan R. Dyah Kusumawati, S.E., Akt., M.M., CMT., CCRM. dari Cerdas Training Center Jakarta, serta Mahtub Basuki, S.STP., M.I.Kom. dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, agar dapat berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat dalam memperkaya wawasan peserta.
“Saya berharap pelatihan ini mampu mendorong aparatur agar mampu menyampaikan informasi dan kebijakan publik secara tepat, sehingga masyarakat dapat memahami dan mendukung apa yang menjadi niat baik pemerintah,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Prokopim Setda Kabupaten Muara Enim, Pradita Arisandi, S.STP., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan ini menjadi agenda rutin tahunan yang diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.
“Kami berharap pembinaan ini dapat menjadi salah satu faktor penting dalam mewujudkan pelayanan prima menuju Muara Enim Bangkit, Rakyat Sejahtera, Maju dan Berkelanjutan atau yang dikenal dengan slogan MEMBARA,” ujarnya.
(Agus.ps)
Editor: Fauzy