oleh

Sumsel: Pemdes Ulak Mas Gelar Musrenbangdes dan RKPDes Tahun 2023

jejakkasus.co.id, LAHAT – Pemerintah Desa (Pemdes) Ulak Mas menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2022 dan penyusunan RKPDes Tahun 2023, di Balai Desa Ulak Mas, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (sumsel), Rabu (22/6/2022).

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, dalam implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Perencanaan Desa Tahun 2023 merupakan tahun ketiga dari program kegiatan RPJMDes tahun 2019-2025.

Kepala Desa Ulak Mas Suci Rahayu saat memberikan sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan-kegiatan yang sudah dianggarkan di tahun 2022 tahun ini belum terealisasi semua. Karena, hanya beberapa item saja yang bisa dikerjakan.

Mengingat Dana Desa (DD) terbatas, maka yang didahulukan merupakan prioritas serta kepentingan masyarakat banyak. Untuk yang belum bisa direalisasikan di tahun 2022 ini, nanti dianggarkan kembali di tahun 2023.

“Saya berharap, dukungan, pemikiran dan moral serta doa agar semua rencana dan cita-cita kita bersama sukses dan mendapatkan respons dari pihak-pihak terkait,” harap Kades.

Sementara, Siti Nuriyah Ketua BPD Ulak Mas saat memaparkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023 yang diwakili Rojan Anuar menguraikan, untuk RKPDes Tahun 2023 mendatang terdiri dari empat item, yaitu Normalisasi Bendungan Dusun 2 dan 3, Jalan Tembusan Dusun 1 ke Dusun 3, Pelatihan Fermentasi Pakan dan Pupuk serta Pembangunan Jalan Produksi Tani.

“Dari empat poin usulan yang ditampung pada hari ini, semoga semua bisa terealisasi di tahun 2023 nanti. Apalagi, Dana Desa yang ada sangat terbatas. Tetapi, kalau dana masih ada, tentu kita realisasikan semua, atau mencari alternatif lain, seperti aspirasi anggota DPR dan dinas terkait lainnya,” ucap Rojan Anuar.

Pantauan jejakkasus.co.id, hadir dalam penyusunan RKPDes Tahun 2023 di Desa Ulak Mas, Kepala Desa Suci Rahayu beserta Perangkat Desa, Ketua BPD Siti Nuriyah beserta anggota, LPM, LPA dan Tokoh Masyarakat.

Selain itu, hadir juga Camat Lahat Gemris Palo, S.I.P., M.M., beserta Kasi dan Staf Kecamatan, Pendamping Desa dari Kecamatan Lahat bersama Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Lahat, Danramil 405/12 Lahat Kapten Mardianto bersama Babinsa Desa, Kapolsekta Lahat AKP Herman bersama Bhabinkamtimas. (Herawan/Red)

Editor: Fauzy
Copyright ©: Jejak Kasus

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed