oleh

Jawa Barat: Tahun Ini, Pemkab Cirebon Siap Berangkatkan Jemaah Haji

jejakkasus.co.id, CIREBON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon sudah siap untuk melakukan pemberangkatan Haji pada tahun ini, dan rencananya akan dimulai pada 4 Juni 2022 nanti.

Hal tersebut dikatakan Bupati Cirebon H. Imron saat menghadiri kegiatan sosialisasi pendaftaran, pembatalan dan pelunasah Haji Reguler yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (14/52022) kemarin.

Menurut Imron, Pemerintah Daerah (Pemda) hanya melaksanakan aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Sejumlah kebijakan yang ditetapkan saat ini, juga merupakan ketetapan dari Pemerintah Pusat.

“Kami hanya menerapkan aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat saja,” ujar Imron.

Pada pertemuan tersebut, sejumlah masukan dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) juga disampaikan kepada Bupati, di antaranya terkait kuota dan umur calon Jemaah Haji.

Imron menjelaskan, bahwa pada pelaksanaan Ibadah Haji ini  ada dua aturan Negara yang dilakukan, yaitu aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi.

Sehingga, beberapa ketetapan tidak bisa diubah dengan serta merta.

“Namun, semua masukan tadi akan saya titipkan ke Ibu Selly selaku anggota DPR RI, untuk bisa disampaikan kepada Pemerintah Pusat,” kata Imron.

Sementara itu, anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriyani Gantina menuturkan, bahwa Pemerintah Pusat sudah menyiapkan segala kebutuhan untuk calon Jemaah asal Indonesia.

Selly juga memastikan, bahwa tidak ada pengurangan hari saat pelaksanaan Ibadah Haji pada tahun ini. Jumlah harinya, akan tetap seperti pelaksanaan Haji sebelumnya.

“Tetap 41 hari. Jadi jika ada isu, bahwa harinya dikurangi, itu tidak benar,” tegas Selly.

Bahkan, Selly mengungkapkan, bahwa konsumsi untuk para Jemaah akan ditanggung oleh pemerintah secara full, mulai dari berangkat hingga pulang.

Pada pelaksanaan Haji sebelumnya, ada lima hari yang konsumsinya tidak ditanggung oleh pemerintah, yaitu 2 hari sebelum Armina dan 3 hari sesudah Armina.

“Sekarang ditanggung full dan sehari makan tiga kali,” pungkas Selly. (Sakur/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed